Selasa, 12 Mei 2020

PENYETELAN SISTEM KOPLING OTOMATIS

|

  1. Garis besar system kopling sentrifugal/ manual.
Kopling adalah sebuah sistem yang meneruskan daya mesin ke transmissi dan dapat melepaskannya. Sistem kopling sentrifugal/manual terdiri dari sebuah kopling sentrifugal yang meneruskan daya mesin dari sejak kendaraan mulai bergerak sampai kendaraan berjalan maju, dan sebuah kopling pemindahan-gigi manual yang dihubungkan dan dilepaskan sewaktu pengendara mengoperasikan pedal pemindah-gigi.


2.  Konstruksi dan pengoperasian sistem kopling sentrifugal/manual

a. Kopling sentrifugal

Kopling sentrifugal terdiri atas komponen-komponen berikut dan dihubungkan dan dilepaskan secara otomatis mengikuti perputaran crankshaft
b. Pengoperasian kopling sentrifugal
Sewaktu perputaran crankshaft bertambah, clutch weight mengembang dan menyentuh clutch outer, sehingga daya mesin diteruskan. Daya mesin yang dipindahkan kepada clutch outer kemudian diteruskan kepada kopling pemindahan-gigi manual.

c. Kopling pemindahan-gigi manual
Sebuah kopling pemindahan-gigi manual dilengkapi dengan mekanisme gear shift lifter yang melepaskan kopling sewaktu pengendara mengoperasikan pedal pemindah-gigi. Mekanisme ini ditempatkan di antara susunan kopling manual dan crankcase.

d. Mekanisme gear shift lifter
Mekanisme gear shift lifter mempunyai dua plates (clutch cam plate dan clutch lifter plate) masing-masing dengan bagian yang masuk ke dalam, dan disusun sedemikian sehingga steel ball (bola baja) dari clutch ball retainer dijepit di antara plates ini. Clutch lifter plate berputar bersamaan dengan pedal pemindah-gigi.


[Sewaktu pedal pemindah-gigi tidak ditekan]
Sewaktu pedal pemindah-gigi tidak ditekan, steel ball bertempat di antara bagian-bagian yang masuk ke dalam dari kedua plates. Pada waktu ini, kopling manual tersambung.

[Sewaktu pedal pemindah-gigi ditekan]
Sewaktu pedal pemindah-gigi ditekan, clutch lifter plate berputar, mengakibatkan steel ball untuk bergerak menuruni lereng dari plate. Oleh karena clutch cam plate terpasang tetap, clutch lifter plate bergeser sewaktu steel ball bergerak. Ini menyebabkan terlepasnya kopling manual.
Apabila pedal pemindah-gigi ditekan terus, kopling manual tetap terlepas.

[Sewaktu pedal pemindah-gigi dilepaskan]
Sewaktu pedal pemindah-gigi dilepaskan, pedal pemindah-gigi kembali ke posisinya semula oleh karena gaya sebuah pegas pengembalian, sehingga kopling manual berhubungan kembali.
Agar lebih jelasnya silahkan Download Materi
Untuk tugas download di sini
Chek absen pengumpulan tugas download di sini















6 komentar:

Anak Kampoeng mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 10.25

Dimohon absen dibawah dengan menuliskan nama lengkap.

Unknown mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 11.04

septian irvan nugroho

Unknown mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 12.09

M Gilang ramadhani

Khoirul muksin mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 13.01

Khoirul muksinin

Unknown mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 13.11

Setia agung prayugo

Unknown mengatakan... 13 Mei 2020 pukul 14.17

Aji prasetyo

Posting Komentar

Copyright © 2010 SERAMBI BUDI LUHUR

Template N2y Shadow By Nano Yulianto