Kopling
adalah sebuah system yang meneruskan daya mesin ke transmissi dan dapat melepaskannya.
Sistem kopling sentrifugal/manual terdiri dari sebuah kopling sentrifugal yang
meneruskan daya mesin dari sejak kendaraan mulai bergerak sampai kendaraan berjalan
maju, dan sebuah kopling pemindahan-gigi manual yang dihubungkan dan dilepaskan
sewaktu pengendara mengoperasikan pedal pemindah-gigi.
2.Konstruksi
dan pengoperasian sistem kopling sentrifugal/manual
- Kopling sentrifugal
Kopling sentrifugal terdiri atas komponen-komponen
berikut dan dihubungkan dan dilepaskan secara otomatis mengikuti perputaran crankshaft.
- Pengoperasian kopling sentrifugal
Sewaktu
perputaran crankshaft bertambah, clutch weight mengembang dan menyentuh clutch
outer, sehingga daya mesin diteruskan. Daya mesin yang dipindahkan kepada clutch
outer kemudian diteruskan kepada kopling pemindahan-gigi manual.
- Kopling pemindahan-gigi manual
Sebuah kopling pemindahan-gigi manual dilengkapi dengan
mekanisme gear shift lifter yang melepaskan kopling sewaktu pengendara mengoperasikan
pedal pemindah-gigi. Mekanisme ini ditempat kan diantara susunan kopling manual
dan crankcase.
- Mekanisme
gear shift lifter
Mekanisme
gear shift lifter mempunyai dua plates (clutch cam plate dan clutch lifter
plate) masing-masing dengan bagian yang masuk ke dalam, dan disusun sedemikian sehingga
steel ball (bola baja) dari clutch ball retainer dijepit diantara plates ini.
Clutch lifter plate berputar bersamaan denganpedal pemindah-gigi.
3 komentar:
Bagi yang ikut pembelajaran pagi ini silahkan absen di komen.
M Gilang ramadhani
ok
Posting Komentar